Menikmati Perjalanan Cerbung Rapijali by Dee Lestari

Kalian suka baca cerbung ngga?

Pengalamanku baca cerbung itu pas SD, masih langganan majalah bobo atau tabloid Fantasi, nah disitu suka ada cerita bersambung alias cerbung. Sebenernya asik ngga sih baca cerbung? Seingatku dulu aku cukup menikmatinya. Menanti teriakan loper koran tiap kamis untuk nganterin majalah langganan yang di dalemnya memuat sambungan dari cerita minggu lalu.

Waktu kecil aku jadi punya imajinasi sendiri tentang gimana kelanjutan ceritanya. Kadang gemes juga karena ceritanya bikin penasaran. Ini macem emak-emak nonton sinetron ya, yang terus dibahas berulang-ulang pekiraan kelanjutan ceritanya.

Nah setelah kenal novel, aku lebih menikmati baca novel yang langsung abis, ngga ndadak nunggu minggu depan. Nah baru-baru ini aku tergerak buat ikutan baca cerbung lagi. Kali ini cerbung digital  karya Dee Lestari.

Apa sih serunya baca cerbung?

Pertama aku mau bilang dulu bahwa ini pendapat pribadi aja ya, dan ini adalah kali pertama aku baca cerbung saat udah dewasa. Cerbungnya dalam versi digital.

  • Serunya baca cerbung digital adalah aku bisa ngga terlalu ngabisin banyak waktu. Karena kadang kalo udah baca buku itu bisa terhanyut dan lupa waktu, lupa cucian, lupa masak. Nah cerbung ini di desain dengan durasi baca hanya sekitar 30 menit. Biasanya aku akan baca sambil nungguin anak-anak sampe mereka tidur.
  • Karena ini ada di platform bacaan digital, maka aku ngga perlu numpuk majalah atau tabloid. tinggal buka apps, search, ketemu.
  • Yang ngga enak ya pastinya bagian penasaran dan menunggu.

Ternyata menulis cerbung juga ngga sembarangan, ngga sama kaya nulis novel biasa apa lagi blog. *Perlu penekanan* ..apalagi nulis blogku yang isinya kebanyakan sarang laba2 ketimbang tulisannya.

Iya sih cerita yang aku baca ini emang novel tapi yang dipisah jadi beberapa bab buat jadi cerbung. Menurut Dewi ‘Dee’ Lestari, butuh teknik khusus agar naskah novelnya juga cocok untuk dijadikan cerita bersambung. Dia harus pandai-pandai menempatkan bagian yang bikin penasaran di tiap akhir masing-masing bab di setiap kemunculannya.

Dari yang aku tau, Dee udah pernah bikin cerbung 2x, Aroma Karsa dan Rapijali. Tolong koreksi ya kalo salah. Nah yang Aroma Karsa aku ngga ikutan baca cerbungnya dan memilih beli buku fisik. Nah ketika cerbung Rapijali muncul, ada rasa penasaran gimana sih baca cerbung? Sebenernya ada rasa gamang karena aku ngga terlalu suka dibuat penasaran dengan cerita bersambung. tapi berhubung ini salah satu penulis favoritku, jadi aku pikir mungkin rasa penasaran akan kalah dengan rasa puasnya.

Sedikit info tentang penulis dan bukunya. Bagi yang masih asing dengan nama Dee lestari, dia adalah penyanyi sekaligus penulis buku. Karirnya di nyanyi adalah bergabung dengan group RSD (Rida-Sita-Dewi). Sedangkan di dunia kepenulisan, karya yang terkenal salah satunya adalah serial supernova. Karya-karyanya juga sudah diadaptasi jadi film, diantaranya adalah Supernova (Ksatria, Putri, dan Bintang Jatuh), Filosofi Kopi, Madre, Rectoverso, dan Perahu Kertas.

Sementara Rapijali adalah karya terbarunya di tahun 2021. Namun ini adalah manuskrip terlama yang dia simpan di peti karyanya. Ide yang sudah mulai dia tuliskan sejak 27 tahun lalu, baru dia bangkitkan kembali di tahun ini dengan penyempurnaan disana sini.

Jadi Bagian dari Digitribe Rapijali

Digitribe atau Digital Tribe, menurut sang penulis, merupakan istilah bagi para pelanggan cerbung digital yang muncul ketika Dee membuat cerbung digital Aroma Karsa. Jadi di cerbung tersebuta da forum yang akan membahas dari fansclub tiap-tiap tokoh, ngebahas eyd, sampe sok tau dengan sambungan cerita selanjutnya.

Di Rapijali juga ada forumnya. Dee membuat beberapa thread yang berkaitan dengan cerita sampe yang mau ngehalu dan ngebucin. Cerbung Rapijali muncul di Storial tiap Senin dan Kamis pagi. Setiap bab di cerbung memuat 2-3 bab dari buku aslinya. Ada sekitar 10 bab yang digelar selama 5 pekan.

 

 

Rapijali digital storial
Tampilan Rapijali digital di Storial
Rapijali digital storial
Ada 10 Bab di Rapijali digital

Gimana pengalamanku baca cerbung Rapijali?

Satu kata : GEMES

Ya gimana ngga gemes, cerbung ini bisa banget bikin Senin ke kamis, kamis ke senin berasa lama banget. Dee bisa banget naro ending yang ‘cliffhanger’ di tiap-tiap bab. Aku susah nebak-nebak abis ini mau ada apa lagi.

Untungnya keberadaan forum bisa jadi ‘bacaan’ selingan sambil nunggu episode baru muncul. Komen-komen kocak sampe sotoy di forum punya keseruan tersendiri. Dee juga bikin banyak thread karena Rapijali ini punya tokoh yang buanyak sekali.

Hal kedua yang bikin gemes adalah, aku baru tau di minggu terakhir bahwa ini terbagi jadi lebih dari 1 session. Jadi ketika Storial mengumumkan bahwa cerbung akan berakhir, aku bingung, kok masih ngawang-ngawang begini udah mau berakhir aja. Ternyata ini bener-bener cerbung yang cerbung. Yang nunggu dari Senin ke Kamis aja rasanya udah kaya mau pingsan, lalu gimana dengan menunggu dari session 1 ke session selanjutnya?

Alasan terkuatku kemaren ikutan cerbung adalah karena ini adalah karya Dee. Faktor pendukungnya adalah banyaknya hadiah yang ditwarkan, dari diskon buku, dapet edisi tanda tangan, sampe ada juga yang dapet surat cinta.

Belom banyak yang bisa aku ceritakan dari Rapijali, selain karena ini baru buku pertama. Rapijali 1 ini lebih banyak perkenalan tokoh-tokohnya. Iya emang banyak tapi semua masih jalin menjalin dengan masuk akal.  Sedikit yang bisa aku kasih intip adalah gambar-gambar di atas.

Rapijali digital storial
Ini berani aku tampilkan karena bab yang ini gratis ya di storial

Spoiler Allert!!

Tenang, aku ngga akan cerita soal Ping dan Ra… eh ngga ..ngga..

Ehm. gini..gini.. Jadi di Rapijali kalian akan menemukan dunia remaja, tempat menarik, musik, politik, geng sultan sampe gang senggol, dan kata-kata quotable khas Dee.

Saat ini buku fisik seri 1 udah bisa dibeli di marketplace, buku kedua bocorannya sih ada di pertengahan tahun. So, kamu tim e-book atau buku fisik nih?

 

Happy Reading, Folks

27 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *