Story

ASUS Zenbook Flip S, Laptop Masa Kini buat Capai Target Resolusi

Awal tahun ini saya ikutan ajang menulis rutin selama sebulan di Instagram, dan cerita pertama yang saya tulis adalah tentang menabung dengan image celengan ayam yang saya gambar sebagai ilustrasinya. Entah kenapa itulah yang pertama terlintas di benak saya kala itu. Tahun ini saya ingin menabung, entah itu uang, pertemanan, karya, kebaikan, atau menabung doa dan harap.

Di tiap awal tahun, saya pernah punya banyak resolusi, pernah juga tidak punya resolusi sama sekali gara-gara takut kecewa. Tapi tahun ini saya memutuskan untuk santai tapi punya goals. Eh goals sama resolusi sama atau ngga ya? Yah pokoknya kali ini saya bener-bener menuliskan harapan-harapan saya di buku, berusaha untuk menjadikannya nyata, tapi jika pun nanti di akhir tahun ternyata belum tercapai, setidaknya bisa buat tabungan doa.

Nih saya kasih contekan catetannya ya, ngga bermaksud pamer atau riya, cuma berharap bisa nambah ‘aamiin’ dari kalian yang membacanya.

Goals Elin, semoga ter-aamiin-kan

Saya membagi goals itu jadi 2 bagian. List kanan yang butuh niat dan usaha. Sedangkan list di bagian kiri ini yang agak urgent atau pengen banget dan tentunya selain butuh niat, usaha, juga butuh ada duit. Aku bahas list kiri aja ya.

Tembus nulis cerita anak di koran, ini bener-bener bisa buat melatih mental dan sabar. Semoga tahun ini salah satu (atau lebih) tulisan saya bisa ada yang dimuat. Nabung buat beli rumah, yaaahhh.. setidaknya nyicil gambar denah dulu lah hahaha.

Sejauh ini baru kesampaian yaitu list nomer 3, beli HP baru. Sebenernya saya orang yang lumayan awet kalo punya barang, dan ngga akan ganti kalo udah bener-bener ngga bisa berfungsi lagi atau udah ngga bisa support kerjaan. Nah kali ini power button di HP saya sudah sama sekali ngga berfungsi, jadi kalo mau buka HP musti nungguin ada message atau telpon masuk agar layarnya menyala, baru deh bisa swipe buka kunci. Miris banget kan hahahha… Jadi saya rasa wajar banget lah kalo tahun ini memang jatahnya ganti HP baru.

Di bawahnya HP ada keinginan untuk buat punya laptop baru. Bisa dibilang keinginan yang ini adalah akar buat raih target-target lainnya. Kerjaan saya emang ngga lepas dari laptop, dan laptop yang sekarang saya punya ini adalah laptop keluaran taun 2011. Waaww… 10 tahun. Masih bisa berfungsi? Masih, ini buktinya saya masih bisa nulis blog. Tapi colokan sudah ngga boleh lepas ya. Misal indikator baterai di layar udah 100%, begitu colokan dilepas langsung anjlok ke 85% dan 5 menit kemudian udah mati. Baterai ini sebenarnya sudah pernah diganti, tapi sepertinya laptop ini emang sudah out-of-date dan bakal ngos-ngosan buat ngikutin update-update terbarunya. Saya yang biasanya suka bawa laptop ke depan TV, ke teras, atau sebelum pandemi juga suka bawa laptop ke playground sambil nemenin anak-anak main, sekarang otomatis sudah ngga bisa lagi. Kerja ya harus di tempat yang dekat colokan. Belom lagi soal loadingnya, buka photoshop saja bisa saya tinggal nyayur bayem, jemur pakaian, pergi umrah, dan ngitungin kucing tetangga. Jadi gimana nih, boleh ngga saya ganti laptop tahun ini?

Beberapa bulan ini saya sudah mulai ngintip laptop-laptop yang saya pengenin. Ada salah satu yang saya incar sejak iklan rilisnya muncul. Asus Zenbook Flip S (UX317). Wah… begitu liat tampilan di iklannya saya langsung terpesona dan cari tahu spek nya, dan ini auto masuk daftar laptop yang saya butuhkan.

Kenapa saya pilih Asus Zenbook Flip S?

Tampilan layar ASUS Zenbook Flip S

Asus merupakan brand yang punya kulitas cukup mumpuni, terbukti dengan berhasih diraihnya beberapa penghargaan baik dari dalam maupun luar negeri. Dengan performa yang andal, asus memberikan banyak kelebihan yang sesuai dengan mobilitas masyarakat era masa kini. Begitu juga dengan produk terbarunya, Asus Zenbook Flip S ini mengclaim sebagai laptop modern masa kini dengan banyaknya fitur unggulan yang dimiliki.

Komputer masa kini memiliki tampilan berbeda karena mereka memang berbeda. Dengan solid-state drive (SSD) dan teknologi terkini, Anda mendapatkan kecepatan, keamanan, ketahanan, dan desain yang cantik. Kami telah melakukan jajak pendapat, dan hasilnya, orang-orang lebih senang saat bepergian dengan PC modern.

PC modern juga dilengkapi dengan pena digital yang memiliki banyak manfaat. Sentuhan khas tercipta saat Anda membuat sketsa atau coretan pada dokumen dengan pena digital. Penelitian juga menemukan adanya peningkatan kinerja hingga 38% pada pelajar ketika mereka menggunakan pena digital untuk mengerjakan soal-soal sains. Tidak semua ide berupa kalimat, kini saatnya untuk tuangkan inspirasi segera dalam sketsa atau coretan pena digital di PC modern.

Mengapa Asus Zenbook Flip S tepat buat saya?

ASUS Zenbook Flip S UX371
Bagian depan Asus Zenbook Flip S

Sebagai seorang freelance illustrator dan desainer grafis, hal paling pertama yang spot on my eyes ketika melihat Asus Zenbook Flip S ini adalah layarnya. Asus Zenbook Flip ini punya layar sentuh NanoEdge 4K UHD OLED 13.3” yang bisa di flip.

Apa itu layar NanoEdge? Layar ini membuat tampilan bagian layar laptop Asus Zenbook punya bezel yang sempit, sehingga memaksimalkan space di layar. Selain itu NanoEdge ini juga punya lapisan anti-silau matte yang bikin lebih nyaman di mata. Hal ini tentu bawa berita bagi bagi para pengguna laptop yang menurut survei, penggunaan laptop ada di angka rata-rata 5 jam per hari, bahkan mungkin meningkat di masa pandemi. Kelebihan dari lapisan anti-silau ini udah tervalidasi oleh sertifikat dari TÜV Rheinland yang memastikan layar laptop tersebut tidak mengganggu kesehatan mata dari radiasi gelombang biru dan efek flickering.

Lalu ada yang namanya panel layar OLED, ini ngasih kualitas warna yang lebih akurat dan dengan rentang warna yang kaya. Buat desainer grafis macam saya, tentu 2 hal ini jadi faktor terpenting. Karena saya akan menghabiskan berjam-jam di depan laptop, tapi ngga mau cepet pening liat layarnya. Dan juga karena saya ngga mau kena ‘prank’  jika tampilan  warna di laptop dan print berbeda.

Layar sudah Check ya. Nah sekarang saya butuh tahu soal dalemannya nih, karena software grafis yang saya pakai lumayan berat-berat. Asus Zenbook Flip S ini ternyata menanam Windows 10 Home sebagai Operating system-nya dan 11th Gen Inter Core untuk processornya. Kalo cuma Photohop, inDesign, dan Illustrator mah enteng lah ya. Ada lagi nih yang lebih seru, processor Intel Core i7-1165G7 ini ditenagai oleh GPU yang terintegrasi Iris Xe Graphic, punya performa lebih tinggi dibanding Intel HD. Sampe sini saya sudah nahan-nahan nafas nih. Dan ini belom selesai, karena Asus Zenbook Flip S ini juga dilengkapi dengan penyimpanan NVMe PCIe 3.0 SSD berkapasitas hingga 1TB yang kecepatannya bisa lebih dari 3000mb/detik untuk kecepatan baca dan tulis, serta RAM berkapasitas hingga 16GB. Bonus ‘gong’-nya adalah, dengan segala kehebatan itu ternyata laptop ini ngga boros dan daya tahan baterai nya tergolong Panjang yaitu bisa mencapai 15 jam stand by dan 9 jam buat pemakaian ringan. Duh laptopku, kamu jangan merasa tersindir ya.

Makin saya cari tahu tentang si Asus Zenbook Flip S ini, makin deg-degan rasanya. Takut aja gitu keinginan saya untuk memilikinya makin menggebu-gebu, karena ini seperti bener-bener dipamerin “liat nih Lin, laptop yang elo banget”.

Mau tau kelebihan Asus Zenbook Flip S yang lainnya?

Lanjut yuk. Beberapa hal di atas itu saja udah bikin saya ternganga, eh ternyata itu belom apa-apa. Punya laptop Asus Zenbook Flip S ini kaya mega bonus. Nih coba disimak fitur-fitur lainnya.

  1. Design and Convertible screen.

At a glance aja, Asus Zenbook Flip S ini sudah kelihatan banget premiumnya. Dengan warna Jade Black dan kombinasi line warna tembaga bikin tampilannya berkelas. Laptop ini tipis dan enteng dengan berat hanya sekitar 1,2 kg dan ketebalan cuma 13.9  mm. Tentunya untuk saya yang mobile, ketika laptop ini mau dibawa-bawa di tas ngga akan bikin sakit bahu. Layarnya juga keren karena selain layar sentuh, laptop ini bisa di lipat kebelakang 360o dan akan jadi seperti tablet. Kelebihan tambahan, dia sudah ada fitur pendeteksi wajah, jadi pas dibuka bisa langsung on dengan cepat dan aman

Hinge yang udah di tes untuk ke awetan dan bisa melipat presisi
  1. Fast and Easy Battery charge

Selain baterainya tahan lama, proses chargingnya juga lumayan cepet dan gampang karena dilengkapi dengan ASUS USB Type-C. Dengan teknologi ini, memungkinkan kita mengisi ulang daya hingga 60% kapasitasnya hanya dalam waktu sekitar 49 menit.

  1. Noise Cancelation

Ini salah satu fitur yang saya baru tahu dan berguna sekali di masa pandemi seperti sekarang ini dimana kita sering meeting atau belajar daring. Asus Zenbook ini punya fitur noise cancelation yang bisa menghilangkan ambience suara-suara disekitar kita. Seperti misalnya saya ketika sedang meeting via zoom, terkadang ada saja suara anak-anak atau tivi yang suka terdengar oleh lawan bicara saya di zoom, nah dengan adanya fitur noise cancelation ini suara yang masuk kaya disaring dan outputnya cuma ada suara saya sebagai pengguna utama saja.

  1. Cool Keyboard

Selain rentang lebar edge-to-edge keyboard, Asus Zenbook Flip S ini juga punya fitur yang keren sekali, yaitu touchpad yang berfungsi ganda jadi keypad numeric LED, hanya dengan mengaktifkan tombol di pojok kanan atas touchpad. Bahkan saat NumberPad diaktifkan, panel sentuh tetap bisa digunakan untuk control kursor.

ASUS Zenbook Flip S UX371
Edge-to-edge Keyboard with NumberPad
  1. Connectivity

Asus Zenbook dilengkapi dengan port-port yang lumayan lengkap. Di bagian kanan ada port USB 3.2 Gen 1 Type-A (up to 5 Gbps) dan di sebelah kiri ada 2 port  Thunderbolt 3 USB-C® (up to 40 Gbps) dan port HDMI 1.4. Sedangkan untuk konektifitas ke wifi, Asus Zenbook Flip s ini menawarkan Intel® WiFi 6 with Gig+ yang mencakup ASUS wifi stabilizer dan ASUS wifi SamrtConnect sehingga laptop ini bisa meluncur mulus di sinyal wifi.

ASUS Zenbook Flip S UX371
Dilengkapi dengan port-port yang membantu produktivitas
  1. MyAsus

Ini juga fitur yang ngga kalah penting karena ini memudahkan sekali. Dengan My Asus kita bisa lebih gampang buat transfer data dari hp. Tidak hanya itu aja, tapi juga bisa menerima telpon dari laptop lho, kita tinggal synchronize saja laptop ini dengan hp kita. Selain itu kita juga bisa mengambil data jarak jauh antara laptop ke HP in case misal data kita ada di HP dan HP-nya ketinggalan di rumah. Fitur ini bisa bekerja dengan smartphone iOS maupun Android. Keren kan.

  1. Durability

Sempet lho saya cari tahu lebih lewat iklannya, saking kagumnya sama laptop ini. Di situ dikasih lihat saat laptop ini di test durabilitynya. Disiram air, dibanting, di tes juga bagian engselnya beribu kali buat make sure produk ini awet

  1. Dual Speaker Harman Kardon .

Buat audionya, Asus Zenbook Flip S ini dilengkapi dengan dua buah Harman Kardon-certified audio system yang terletak di kanan kiri bawah. Saya belom bisa ngomong banyak soal audio ini karena belom pernah ada pengalaman dengan Harman kardon.

After all, Asus Zenbook Flip S seperti paket lengkap yang memudahkan dan cocok bagi orang-orang dengan mobilitas tinggi dan butuh segala sesuatu yang cepat.

Oiya, last but not least, masih ada satu lagi tapi sengaja ngga saya masukin ke point-point di atas ya, karena ini pengen saya highlight. Since ini layar sentuh dan bisa diflip jadi kaya tablet, Asus menyediakan Asus Stylus Pen yang bisa bikin SAYA (pokoknya saya banget ini hahaha) jadi bisa gambar langsung disitu. Asus Stylus Pen punya press sensitivity level hingga 4096. Pen stylus ini juga ada magnetnya yang bisa ditempel di bagian body laptop saat tidak digunakan. Alamaakk… kurang apa lagi coba?

Kurang duit lin.

Dah lah saya rasanya mau pingsan saja kalo begini. Ngga sanggup nahan keinginan menggebu-gebu. Kali aja nanti pas siuman, laptop Asus Zenbook Flip S sudah ada di depan mata. Minta ijin dulu deh sama Yang Maha Kaya siapa tau saya boleh punya kesempatan ngerasain kerja pakai laptop ini. Aamiin

 

See You Around, Folks

 

“Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS ZenBook Flip S (UX371) Blog Writing Competition bersama deddyhuang.com”.

 

16 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *