Lifestyle

Amalan Ringan yang Bisa Ibu lakukan selama Puasa

Bulan Ramadhan udah sampe pertengahan. Apa aja sih yang sudah bisa kita lakukan untuk membuat Ramadhan kali ini lebih berarti? Kalau aku liat dari teman-teman, berbagai macam kegiatan yang mereka lakukan. Ada yang pergi ke tanah suci saat Ramadhan, dia bilang, moment Ramadhan di Makkah lebih berasa dari pada di Jakarta. Aku mengangguk takzim sambil nginget-nginget uang tabungan. Hmmm.. bisa nih kayanya. Bisa nitip doa biar disegerakan mampu pergi ke Makkah juga. Buat Umrah atau haji ya (Aamiin), bukan jualan bubur.

Temanku yang lain lagi membagikan video berseri tentang cerita dan lagu-lagu Islami. Project yang dia kerjakan bersama teman-temannya. Lalu ada juga yang membagikan takjil minimal ke 1 orang tiap harinya.

Aku ngapain?

Malu rasanya kalo liat diri ini, ngga ada apa-apanya dari yang teman-temanku sudah lakukan. Ada aja alesannya, ibu-ibu nih kerjaan rempong, tadarus cuma dikit, tahajud ngga kuat, ngomel-ngomel ke anak jalan terus.. aduuuuhhh… mau dititipin kemana ini muka sama hati? Malu. Malu. Malu.

Ibadah itu kadang emang musti mendobrak kata “ngga sempet” yang kerap dijadikan excuse. Dengan segala alsean itu, harusnya kita malu banget sama hamba-hamba Allah yang tetep punya banyak amalan disegala keterbatasan, baik fisik, waktu, kondisi lingkungan dll. Ya udah lah, dari pada kita kebanyakan banding-bandingin, malah kita ngga gerak-gerak. Karena sebenernya masih buanyak sekali amalan-amalan ringan yang bisa kita kerjakan. Katanya lebih baik ringan tapi istiqomah, dari pada….uuumm…dari pada tidak sama sekali deh ya hahahha….

Aku akan coba rangkum disini ya apa yang bisa kita lakukan

Amalan Ringan selama Puasa, yang cocok buat emak-emak

  1. Senyum. Gampang amat?! Iyak senyum itu sedekah (Tabassumuka fii wajhi akhiika shodaqotun – Senyummu di depan saudaramu adalah sedekah).Nah kalo kita ibu-ibu yang hari-hari di rumah, makin banyaklah senyum buat keluarga. Yang biasanya ngomel-ngomel mulu ke anak, coba mulai dulu dengan senyum sebelum menegur mereka atas mainan yang berantakan. Siapa tau intonasi suara kita bisa ikutan melembut, anak-anak akan lebih nurut ketimbang kita langsung merepet panjang.
    Senyum ke tukang sayur, siapa tau dapet tambahan daun bawang hahah… Kalo ke suami tetangga ngga usah kebanyakan ya bu senyumnya…
  2. Sedekah. Usahakan melakukan ini setiap hari selama bulan Ramadhan. Misal, kejatah takjil 25, lebihin lah jadi 30 atau 50 sekalian. Usahakan makanannya yang enak ya. Inget ya aku tulis enak, ngga harus mahal. Lalu saat pesen ojek online, entah untuk antar-antar, pesan makanan, dll, lebihkanlah tipsnya dari yang biasa diberi, atau bisa juga pesen makanan lebihkan 1 porsi untuk abang ojeknya.
    Jarang keluar? Banyak platform donasi online yang bisa kita transfer, bahkan dengan nominal 1000 rupiah pun bisa.
  3. Dzikir dan sholawat. Yang biasanya berdzikir hanya setelah sholat, coba deh lakukan juga saat kita mencuci beras, menyiapkan makanan buka dan sahur, ketika menjemur pakaian dll.
  4. Mendoakan orang lain. Coba deh diinget, kadang kita banyak berdoa buat diri sendiri dan keluarga. Nah kali ini luaskan cakupannya. Inget temen SD jaman maen di sawah, doakanlah. Inget Bapak-bapak tua tukang parkir, doakanlah. Inget Ibu sayur yang sering ngasih lebihan sayuran, doakanlah. Inget mantan, doain ngga ya? hahha.. yodah doain aja tapi jangan diinget-inget mulu.
  5. Dengarkan ceramah. Pecinta drakor mana suaranyaaaa?? Coba deh coba deh bulan ramadhan drakornya di ganti sama ceramah ustad-ustad. Followingnya diperbanyak yang berisi kajian. Sekarang banyak kok Ustad yang ceramahnya asik dan ngga menggurui. Kajian-kajian dan hadist juga dikemas dengan gambar-gambar yang menarik, bisa di save and share malah lebih banyak lagi pahalanya. Tapi pastikan berita yang di share sudah dipastikan kebenarannya ya.
  6. Menyegerakan berbuka dan mengakhirkan sahur. Ini sudah banyak yang tau ya, mudah dilakukan dan dapet pahala pula. Jadi ibu-ibu, siapin makanan di meja sebelum adzan maghrib berkumandang, agar bisa berbuka dengan segera. Kurma adalah yang disunahkan untuk dimakan pertama kali saat berbuka.
  7. Jaga wudhu. Yang biasanya berwudhu hanya jika mau sholat, gimana kalau mulai kita biasakan untuk berwudhu sebelum pergi ke pasar, antar anak sekolah, kerja, ataupun saat kita cuma di rumah doang.

Masih banyak lagi sebenarnya amalan-amalan ringan yang bisa kita lakukan selama bulan Ramadhan, dan diharapkan bisa terus berlanjut hingga setelah Ramadhan. Kalau yang mau menambahkan boleh ya tulis di kolom komentar.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *