How To,  Tips and Trick

Cara dan Tips Memasak Ketupat Gurih Lembut dengan Panci Presto

Lebaran selalu jadi moment yang sakral bagi kebanyakan orang. Dulu…. sebelum bapak sakit dan akhirnya berpulang 3 tahun lalu, kami selalu merayakan lebaran dengan kesibukan tiada tara. Ada ibu yang sibuk masak, bapak yang sibuk cari kayu bakar buat masak ketupat, kami anak-anak ada yang anyam janur buat jadi kulit ketupat (sekarang udah ada yang jadi tinggal beli di pasar), mengisinya dengan beras. Ada juga yang masih belom kelar bikin kue, ada yang sibuk beberes rumah dll.

Kebetulan rumah keluargaku ada di kampung, di kaki Gunung Mahameru, Jawa Tengah. Biasanya menjelang Lebaran, pelataran di belakang rumah jadi penuh. Kami membuat adonan kue-kue di teras belakang, lalu bapak membuat tunggu portable dari batu bata yang disusun-susun. Di tunguku itu kami menaruh dandang tinggi untuk memasak ketupat. Pake kayu bakar. Proses masaknya lama sekali bisa sampe 6 jam, dengan api yang terus dijaga. Ribet, tapi itu yang selalu kami lakukan bertahun-tahun sampe Bapak ngga sanggup lagi cari kayu bakar dan rebus ketupat karena kesehatannya.

Setelah Bapak ngga ada, ya sudah ngga ada lagi yang cari-cari kayu bakar dan jagain lilin tungku buat masak ketupat. Proses memasaknya beralih ke panci presto yang dibeli ibu lewat arisan. Masak ketupat dengan panci presto ini kurang berkesan memang, tapi membutuhkan waktu yang lebih singkat, yaitu hanya sekitar 2 jam. Siap-siap gas aja lah pokoknya.

Proses memasak ketupat menggunakan panci presto dapat dikatakan cukup mudah. Berkut langkah-langkahnya.

Memasak Ketupat Dengan Panci Presto

Bahan : Beras dan air

Kelengkapan : Panci Presto dan Kulit Ketupat

Cara Membuat :

  1. Cuci bersih beras yang hendak dimasak. Biasanya dibilas hingga 3x atau sampai air cucian beras tidak keruh lagi.
  2. Siapkan kulit ketupat dan isi dengan beras yang sudah dicuci. Jika beras yang digunakan jenis beras yang pulen, masukkan sekitar 2/3 bagian, namun jika yang digunakan jenis beras pera, cukup isikan 1/3 bagian ketupat saja.
  3. Siapkan panci presto yang sudah diisi dengan air, masukkan ketupat sampai semua benar-benar terendam.
  4. Ketika merebus ketupat, gunakan api besar pada awalnya hingga air di panci presto menididih, yang ditandai dengan pressure regulator dibagian atas tutup, berputar dan berbunyi nyaring.
  5. Setelah mendidih, kecilkan api dan biarkan sampai waktu yang ditentukan. Untuk memasak ketupat, diperlukan waktu sekitar 1 – 2 jam.

Dan inilah tipsnya :

  • Masukkan ketupat secukupnya saja pada panci presto. Kira-kira jika direndam air, memenuhi sekitar 3/4 bagian body panci.
  • Penggunaan api kecil bertujuan agak air di dalam panci tidak tumpah atau meluber. Menghasilkan masakan yang matang sempurna dengan suhu maksimal yang merata, dan tidak membentuk kerak ketika memasak nasi atau bubur
  • Untuk menghasilkan ketupat yang lebih lembut, kita dapat merendam beras yang telah dicuci sekitar 15 menit. Kemudian tiriskan sebelum masuk ke kulit ketupat.
  • Makin banyak isian beras, makin padat (keras) ketupatnya
  • Kita dapat menambahkan 1-2 lembar daun pandan yang diikat, pada saat merebus ketupat untuk menghasilkan bau ketupat lebih harum. Dan sedikit garam untuk rasa ketupt yang lebih gurih.
  • Kita juga bisa masukkan air kapur sirih ke dalam air rebusan (sebelum ketupat masuk) untuk menghasilkan ketupat yang lebih kenyal.
  • Jangan buka tutup sebelum katup pada pegangan tutup panci turun. Ketika katup sudah turun artinya uap dalam panci sudah habis. Untuk mempercepat proses ini, kita bisa gunakan sendok atau sejenisnya untuk membuat pressure regulator lebih terangkat. Tentunya ini dilakukan saat sudah matang dan api mati, juga harus dilakukan dengan hati-hati agar uap panas tidak mengenai kulit kita.

Semoga cara dan tips nya bisa bermanfaat ya buat bikin ketupat di Lebaran kali ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *