Lifestyle,  Tips and Trick

Tips Mencegah Kulit Kering saat Berpuasa

Salah satu kenikmatan tinggal di Bekasi adalah, kita bisa ngeluarin cucian 3 ronde dan semuanya kering. Dahsyat kan? Selain itu kita jadi anak ibu rumahan karena mager dan ancaman kulit menggelap dengan tidak eksotis. Kalo lagi musim panas gini, tukang asinan di deket sekolahan Al hampir bisa dipastikan habis 6 toples besar-besar.

Dan sekarang bulan Puasa, tambah-tambah lagi ujiannya. Makanya Al sempet ngga kuat puasa sunnah karena dia pulang sekolah jam 2 siang, lagi panas-panasnya, lalu kita pulang jalan kaki, karena jarak sekolah ke rumah emang cuma sekitar 5 menitan aja. Untungnya di Bulan Ramadhan ini dia pulang lebih awal, jadi lumayan masih punya tenaga buat jalan kaki hingga kemudian langsung ngglosor di bawah naungan AC.

Saat puasa, selain fokus ke ibadah, kita juga musti bisa fokus jaga kesehatan. baik itu kesehatan lambung, daya tahan tubuh, sampai masalah kulit. Kurangnya asupan air saat siang hari dapat mengakibatkan kulit kering. Dari masalah kulit kering itu kemudian bisa merembet kemana-mana lho, salah satunya ketombe, seperti yang aku tulis di postingan lalu.

Berkenaan dengan masalah kulit kering disaat puasa, berikut ada beberapa tips yang bisa kita pakai untuk mengatasi hal itu.

Maksimalkan Asupan Cairan saat Sahur, Berbuka, dan sebelum Tidur.

Buat orang yang susah minum macem saya ini, rasanya perlu bantuan botol ukur buat memastikan saya sudah minum cukup air saat malam hari di bulan Ramadhan. Tipsnya, minum sedikit-sedikit tapi sering, karena kalau minum sekaligus banyak, perut jadi kembung. Kita bisa pake rumus yang kaya di iklan-iklan itu lho 2-4-2, 2 gelas saat berbuka, 4 gelas saat malam, 2 gelas saat sahur.

Mengonsumsi Buah dan Sayur

Bagi para pelaku food combining, makan buah dan sayur malah jadi asupan rutin ya. Saya beberapa kali juga memilih makan sahur dengan buah-buahan. Selain mengandung vitamin dan mineral, mengonsumsi buah saat sahur dapat membuat kita kenyang lebih lama. Beberapa buah yang cocok di konsumsi saat sahur antara lain, kurma, pisang, alpukat, pepaya, mangga, apel, dan pir.

Batasi Konsumsi Kafein, Susu, Soda, Makanan Pedas, Asin, dan Berminyak.

Minuman dan makanan yang saya sebutkan diatas ini menyerap asupan mineral dan cairan dalam tubuh kita, sehingga kita akan mudah haus dan kulit jadi makin kering. Selama berpuasa, kita bisa mengganti kopi, teh, dan susu dengan air nabeez atau air rendaman (infused water) dari kurma atau kismis yang telah didiamkan semalaman untuk diminum saat sahur. Untuk hasil yang lebih maksimal, air renadaman kurma sebaiknya tidak berumur lebih dari 12 jam agar khasiatnya terjaga

Gunakan Sun Block Jika Hendak Beraktifitas di Luar Ruangan

Dulu saya ngga begitu aware dengan sun block, karena itu bukan kosmetik harian yang biasa saya pakai. Eh saya juga jarang pakai kosmetik deng hahaha… Tapi sejak saya rutin jemput Al yang pulang jam 2 siang itu, mau ngga mau jadi berasa akibatnya kalau kita ngga pake sun protecting. Yang jelas terlihat adalah kulit kaki karena biasanya saya cuma pakai sendal saat jemput Al, lama-kelamaan kulit kaki jadi menggelap, belang, kasar dan kusam. Jadi sejak saat itu mulai deh searching-searching tentang sun protection. Menggunakan topi atau payung juga cukup membantu saat harus keluar rumah di waktu matahari lagi panas-panasnya.

Rajin Bersihkan Wajah dan Tidak menggunakan Makeup terlalu Tebal

Bayangkan saat panas-panas, kita keluar rumah dengan menggunakan jaket tebal, jeans, kaus kaki tebal, topi dan syal bulu, duh rasanya udah mau pingsan aja pasti itu. Sama dengan wajah kita yang apabila saat panas menggunakan riasan dengan concealer, fondation, two way cake powder, dan apalah-apalah itu aku ngga hafal namanya, pasti wajah kita juga akan sulit ‘bernafas’. Jadi cukup gunakan produk ringan dengan pelembab atau yang mengandung SPF untuk melindungi dari sengatan sinar matahari. Dan jangan lupa rajin membersihkan wajah terutama sebelum tidur.

Gunakan Moisturizer atau Face Mist Jika Perlu

Penggunaan Face Mist, selain dapat melembabkan wajar juga membuat kita terasa segar. Face mist juga sangat praktis untuk dibawa-bawa dan praktis tinggal semprot tanpa perlu kapas.

Saya rasa ngga pertalu susah ya untuk menjaga kelembaban kulit kita selama berpuasa. Segini aja dulu ya tips nya, selamat menjalankan ibadah puasa, semoga banyak ibadah yang diterima, dan sampai akhirnya kita akan meraih hari kemenangan dengan senyum dan pribadi yang lebih baik. Aamiin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *