Resep Makanan

Sedapnya Soto Banyumas dengan Kuah Tetelan Sapi

Hampir di tiap daerah punya makanan khas sendiri-sendiri. Tapi diantara keanekaragaman itu, ada makanan yang namanya sama, tapi rasanya beda-beda. Ya, Soto. Coba deh sebutkan SOto dari daerah mana aja yang kalian tau. Ada Soto Betawi, Soto Lamongan, Soto Banjar, Soto Kudus, Soto Bandung, dan juga Soto Banyumas. Saya belum tau apakah di Bali, Papua, Medan juga punya Soto?

Nah karena tanah numpang besar saya ada di Banyumas, Jawa Tengah, maka saya akrab nya ya sama Soto Banyumas. Soto dengan kuah bening berwarna kekuningan, diisi dengan kobis, toge pendek (cambah), soun, kacang goreng, dan suwiran ayam goreng. Taburan bawang goreng dan sedikit perasan jeruk nipis akan menambah lekat aroma sedapnya.

Anak-anak juga paling cocok dengan Soto Banyumas, walaupun mereka ngga lahir dan tinggal di Banyumas. Kuahnya yang segar dan gurih membuat mereka makan sendiri dengan lahap tanpa harus melewati fase rayu merayu. Soto ini sebenernya masuk kategori soto ayam, tapi saya lebih suka membuat soto ini dengan kaldu sapi, rasanya lebih nikmeh…

Yaudah dari pada selak laper, ini dia bahan dan cara bikinnya

Lumayan gampang lah ini untuk pemula seperti saya. Cuma sayangnya kali ini saya tidak berhasil menemukan penjual touge pendek, akhirnya ya sudah pakai apa yang ada di kulkas aja, tauge panjang. Tapi Koentji-nya soto itu tetep ada di kuah ya hahhaha…

Di Banyumas, pedagang Soto biasanya sepaket sama Mendoan Banyumas. Duh, dosa ngga ini puasa-puasa ngomongin makanan. Ya sudah ya, selamat menikmati santap buka bersama keluarga tercinta. Salam dari orang Banyumas yang tinggal di planet lain.

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *